KAPOLRES BERSAMA DANDIM 0619 AJAK WARGA PURWAKARTA KOPI MANIS

Purwakarta, bidik86.com

 

Harmonis dan sinergis, itulah yang semestinya terjalin antara para Penegak Hukum (Gakum) dengan masyarakat, baik itu dari kalangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Berdasarkan hal tersebut, Kepolisian Resor (Polres) Purwakarata, gelar Kegiatan (Giat) silaturahmi dengan warga masyarakat Purwakarta, Rabu (23/Jan/19) yang dimulai dari pukul 09.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) hingga selesai.

 

Bertempat di Aula Kantor Desa Ciracas, Kecamatan Kiara Pedes, Kabupaten Purwakarta, nampak hadir Kepala Polisi Resor (Kapolres) Purwakarta, Ajun Komisari Besar Polisi (AKBP) Twedi Aditya Bennyahdi, S.Sos, S.I.K, MH, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0619 Purwakarta, Letnan Kolonel (Letkol) Artileri Pertahanan Udara (Arh) Yogi Nugroho, para Pejabat Utama (PJU) Polres Purwakarta, Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Kiara Pedes, Komandan Rayon Militer (Danramil), Camat Kiara Pedes, Kepala Desa (Kades) Ciracas, Anggota Pelindung Masyarakat (Linmas), Pengurus Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kepala Dusun (Kadus), Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW), lebih kurang, sekitar 120 (seratus dua puluh) orang tamu hadir dalam kegiatan (giat) tersebut.

 

Setelah memperkenalkan diri, Kapolres pun menjelaskan maksud serta tujuan giat yang bertemakan *KOPI MANIS* tersebut, adalah agar terjalinnya kedekatan antara TNI-Polri dengan masyarakat. Sebagai makhluk sosial, menurut Twedi, tentunya semua harus bersinergi guna mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan keamanan, khususnya yang berada dalam ruang lingkup wilayah hukum (wilkum) Polres Purwakarta.

 

“Pencurian, penipuan, pencabulan anak dibawah umur, Narkoba dan minuman keras (miras), masih sering terjadi di wilkum Purwakarta, oleh karena itu kita semua harus saling berkoordinasi dan mengawasi semua giat yang terjadi di lingkungan, diawali dari mengetahui semua identitas yang ada di wilayah masing-masing. Jika ada warga/orang baru dan hal-hal yang tidak lazim, segera sampaikan ke Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) ataupun Bintara Pembina Desa (Babinsa),” imbuh Kapolri.

“Apabila mengetahui informasi tentang Narkoba maupun Miras agar segera melaporkannnya kepada kami,” papar Twedi.

 

Twedi menambahkan, yang namanya tindak kejahatan tidak hanya pada malam hari saja, siang hari pun bisa terjadi. Pada kesempatan tersebut, Twedi mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Purwakarta yang masih mengedepankan positifisme ketimbang sebaliknya. Terlebih, hal-hal terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

 

“Saya menghimbau kepada masyarakat Purwakarta agar tidak gampang terprovokasi, apalagi sampai terpecah belah. Berbeda pilihan boleh, namun tetap saling menghargai satu sama lain agar kerukunan antar warga tetap terjaga. Jangan pernah saling membenci hanya karena berbeda pilihan. Terakhir, saya tekankan kepada seluruh orang tua (ortu) agar memberikan contoh yang baik juga bijak dalam mempercayakan kendaraan bermotor (ranmor) kepada anak-anak, jangan sampai kita sendirilah nanti yang akan menanggung akibatnya,” pungkas orang nomor 1 (satu) di Markas Komando (Mako) Polres Purwakarta tersebut.

 

Dalam kesempatan berikutnya, setelah memperkenalkan diri, Dandim 0619 Purwakarta, menyampaikan arahan yang juga seputar sinergitas antara TNI-Polri dengan masyarakat agar Purwakarta tetap kondusif.

 

“Jangan segan untuk berkoordinasi dengan pihak Gakum, baik dari TNI maupun Kepolisian, terlebih jika ada hal-hal yang yang berhubungan dengan Pertahanan dan Keamanan (Hankam),” tegas tokoh utama, di Dandim 0619 Purwakarta itu.

 

Untuk selanjutnya adalah sesi tanya jawab dengan para tamu yang diakhiri dengan photo bersama. Dari pantauan bidik86.com, giat yang bertema *Komunikasi Polisi dengan Masyarakat yang Harmonis* tersebut, berjalan kondusif hingga akhir. (Nana S)

No Responses

Leave a Reply