PRAJURIT YONIF 141/AYJP IKUTI CPTM SIAP EMBAN AMANAT BANGSA

Bogor, bidik86.com

 

Prajurit Yonif 141/AYJP (Aneka Yudha Jaya Prakosa) siap mengemban amanat Bangsa Indonesia sebagai _Peacekeepers_  dalam misi perdamaian, setelah mengikuti pembekalan  _Core Pre-Deployment Trainning Material (CPTM)_.

 

Hal tersebut disampaikan Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 141/AYJP, Letnan Kolonel (Letkol) Inf, Aswin Suladi, SE, M.Ak, kepada Koresponden media, Minggu (30/06/19).

 

Diungkapkan Aswin, pembekalan dalam rangka persiapan tugas itu, dikemas dalam Latihan Dalam Satuan (LDS), yang digelar di Markas Komando (Mako) Yonif 141, Muara Enim, selama 14 (empat belas) hari, dengan menghadirkan para Instruktur dari Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian-Tentara Nasional Indonesia (PMPP-TNI).

 

“Selama 14 hari, Anggota kita dibekali 27 (dua puluh tujuh) materi yang diberikan oleh Instruktur dari PMPP-TNI,” katanya.

 

“Materi-materi tersebut diberikan untuk menunjang selama mereka tugas disana,  diantaranya tentang pengenalan Organisasi UN, kebudayaan, kesehatan, misi kemanusiaan dan prosedur tetap (Protap) penanganan konflik dalam sebuah Negara,” papar Aswin.

 

Dijelaskan Aswin, hal ini diberikan, supaya Anggota yang akan bergabung dengan Satgas  _United Nation Peacekeeping Capability Readiness System (FPC UNPCRS)_ dapat mengetahui serta menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan kondisi di daerah operasi.

 

“Mereka harus tahu dulu kondisi di daerah operasi secara umum. Termasuk penguasaan bahasa Inggris, karena disana komunikasinya menggunakan bahasa Inggris. Syukur dan bangga kami, pada _post test_, 141 orang mendapatkan nilai memuaskan,” tutur Aswin.

 

Pada kesempatan itu, Aswin pun berpesan kepada para Prajuritnya, agar senantiasa menjaga kesehatan dan senantiasa menghindari pelanggaran sekecil apapun selama menjalankan misi perdamaian.

 

“Jaga kekompakan dan pedomani standar aturan yang telah ditetapkan UN,” pesannya.

 

“Misi kita tidak hanya membawa nama baik Yonif 141/AYJP, tetapi secara umum membawa nama baik Negara dan Bangsa Indonesia,” tegasnya.

 

Salah satu pemateri pembekalan yaitu, Mayor Arm, M. Taher, yang pernah mengikuti misi di Lebanon, Mali dan  mengikuti seminar di Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). (Red)

No Responses

Leave a Reply