WAKAPOLRES PURWAKARTA : “SEJATINYA BENCANA LONGSOR BISA DIDETEKSI”

Purwakarta, bidik86.com

 

Wakil Kepala Polisi Resor (Wakapolres) Purwakarta, Komisaris Polisi (Kompol) Yanna Nurhandiana, minta masyarakat peka dan waspada terhadap tanda-tanda bencana longsor.

Bukan tanpa alasan, bencana longsor bisa kapan saja mengancam, seperti yang terjadi pada Selasa (27/11/18) malam di Kampung Krajan, Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondoksalam.

Terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan dan wilayah Kabupaten purwakarta secara umum sangat berpotensi terjadinya bencana longsor.

 

“Bencana longsor akan selalu diawali dengan hujan deras. Sehingga kalau itu terjadi mari kita lebih meningkatkan kewaspadaan,” kata Yanna, saat ditemui di tempat longsor Ds. Sukajaya, Kec. Pondoksalam, Kamis (29/11/18).

 

Menurut Wakapolres, sejatinya bencana longsor bisa dideteksi. Saat hujan deras, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan rawan longsor bisa langsung melakukan upaya mitigasi dengan melakukan pengecekan ada atau tidaknya retakan atau perubahan struktur tanah di sekelilingnya.

 

“Dicek apakah ada pergerakan tanah, apakah mulai ada tanah yang ikut terbawa aliran air. Kalau ada, kita hindari mungkin sementara bisa mengamankan diri di kawasan yang lebih aman dan bebas tanah longsor,” pesan Yanna. (Red)

No Responses

Leave a Reply