AKBP. BASMAN, SH, PIMPIN TIM SABER PUNGLI PROV. JABAR OTT PELAYANAN KIR DISHUB CIANJUR

Cianjur, bidik86.com

 

Pungutan Liar (Pungli) sudah semestinya dihapuskan, sesuai dengan aturan yang diberlakukan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun acap kali aturan tersebut hanyalah dianggap isapan jempol belaka, terbukti masih maraknya Pungli yang terjadi di beberapa wilayah ataupun daerah, yang dilakukan oleh Oknum-oknum tertentu.

Seperti yang terjadi Kamis, (25/07/19) sekira jam 10.30 WIB, Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli, Provinsi Jawa Barat (Jabar), dibawah Komando Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Basman, SH, bersama dengan Tim Saber Pungli Kab. Cianjur, dimana telah dilakukan kegiatan (giat) Operasi Tangkap Tangan (OTT), terhadap Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, tepatnya Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR).

 

Diketahui, pendaftar atau pemohon KIR setelah mengisi formulir, kemudian melakukan pembayaran di loket, namun Petugas loket berinisial MH, meminta pembayaran melebihi dari apa yang sudah ditentukan

“Pelaku MH, memungut uang pembayaran lebih dari jumlah yang sebenarnya, bila ada konsumen yang menanyakan alasannya, Pelaku mengatakan bahwa anggaran tersebut untuk membayar buku KIR,” terang AKBP. Basman, SH, kepada bidik86.com.

 

AKBP. Basman, SH, menambahkan jika beberapa nama Oknum yang terjerat OTT, selain daripada MH sebagai pemungut Penguji Ranmor, ada juga AM, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian Ranmor, dan NK, selaku Bendahara penerima.

 

Kini para pelaku dalam penanganan Tim Saber Pungli Prov. Jabar. Interogasi dilakukan terhadap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Cianjur, Rahmat Hartono, AM, NK, MH, dan YR (Pencetak Kwitansi). Beberapa barang bukti (bb) yang berhasil diamanakan dalam giat OTT tersebut adalah uang tunai senilai Rp11.035.000-, dengan rincian, jumlah real seharusnya Rp8.843.100-, namun ada kelebihan Rp2.191.900-, diduga hasil Pungli, ditambah Kwitansi penerimaan uang. (Red)

No Responses

Leave a Reply