ANGGOTA KOMISI II DPR RI KUNJUNGI BAWASLU DAN KPU PATI, TERKAIT WNA

Pati, Bidik86.Com

 

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati, Menerima Kunjungan Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Firman Soebagyo, Terkait Dengan Kartu Tanda Penduduk-Elektronik (E-KTP) Warga Negara Asing (WNA) Yang Terdaftar Pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Legislatif (Pileg) Dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Jum’at (08/03/19).

 
Kunjungan Firman Soebagyo, Anggota Komisi II DPR RI, pertama mengunjungi Bawaslu Kabupaten Pati dan diterima oleh Ketua Bawaslu, Ahmadi.
 
Dalam kunjungan tersebut, Firman Soebagyo menanyakan terkait E-KTP WNA yang masuk dalam DPT di Kab. Pati dan memberi arahan jangan sampai ada WNA yang menggunakan hak pilihnya di Kab. Pati pada Pileg dan Pilpres 2019.
 
Setelah melakukan koordinasi dengan Bawaslu, Firman Soebagyo dalam Konferensi Pres mengatakan, “Sebagai Anggota Komisi II, sesuai dengan rapat internal, harus kembali ke Daerah Pilihan (Dapil) masing-masing terkait adanya E-KTP WNA, harus cek dan ricek kemungkinan-komungkinan yang terjadi di daerah yang dihadapi oleh Bawaslu kalau ada WNA yang memiliki hak pilih,” katanya.
 
Ketua Bawaslu Kab. Pati, Ahmadi, atas kunjungan Anggota Komisi II, Firman Soebagyo menyampaikan, “Harapan kami ada payung hukum tentang pemilih WNA, karena jika tiba-tiba ada pemilih WNA yang memiliki E-KTP tidak bisa menolak. Karena aturannya hak pilih di Indonesia ini syaratnya harus memiliki E-KTP,” ucapnya.
 
Selanjutnya, Firman Soebagyo berkunjung ke KPU Kab. Pati dan diterima oleh Ketua KPU, Imbang Setiawan, ST. Dalam kunjungan Komisi II DPR RI, Ketua KPU Kab. Pati, Imbang Setiwan, ST, menjelaskan, “Kunjungan Anggota Komisi II DPR RI, Firman Soebagyo, dalam rangka kroscek WNA yang memiliki E-KTP dan terdaftar dalam DPT. Kebetulan di Pati ini hanya ada 4 (empat) orang WNA tetapi tidak terdaftar dalam DPT Kab. Pati,” jelasnya.
 
Jadi, untuk Kab. Pati, terkait dengan DPT pada Pileg dan Pilpres sudah clear tidak ada WNA yang masuk terdaftar dalam DPT. (Red)

No Responses

Leave a Reply