BUPATI SUBANG AGAR SEGERA MENGANGKAT CAMAT BLANAKAN DEFINITIF, PASALNYA…

Subang, bidik86.com

 

Pelayanan di Kec. Blanakan terhambat. Pasalnya, Kecamatan yang ada di ujung utara Subang itu belum memiliki Camat definitif.

 

Semenjak Camat Blanakan, Nono Suparno, pensiun dari jabatannya, Sekretaris Camat (Sekcam) Blanakan, Aet Rudiatna, ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Camat Blanakan.

 

“Pelayanan masyarakat tidak begitu terlayani secara maksimal terutama dalam hal pembuatan AJB (Akta Jual Beli ) tidak bisa dibuat oleh Plt Camat Blanakan,” keluh tokoh masyarakat Blanakan, Sunarto Amrullah.

 

Selain warga, keluhan juga datang dari para Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Blanakan. Hal ini dikarenakan para Kades sering ditegur warga yang membuat AJB tapi tidak kunjung selesai.

 

“Saya minta Bupati Subang, segera menunjuk dan menetapkan Camat definitif, agar warga yang ingin membuat AJB bisa kembali terlayani,” pinta salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya.

 

Ia menyampaikan, kewenangan Camat sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 37 tahun 1998, sebagaimana diubah dengan PP No. 24 tahun 2016, tentang Peraturan Jabatan PPAT.

 

“Disebutkan bahwa Camat dapat ditunjuk menjadi Penjabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) oleh Menteri ATR/BPN,” bebernya.

 

Ia juga menyampaikan, wewenang Plt dengan Camat definitif fungsinya berbeda dan dibatasi, sehingga pelayanan masyarakat untuk pembuatan AJB tidak dapat dilaksanakan oleh Camat yang statusnya masih Plt.

 

“Bupati tidak boleh membiarkan pelayanan masyarakat terbengkalai,” pungkasnya. (Edi R)

No Responses

Leave a Reply