DANA BUMDES DS. MINTIN DIPERTANYAKAN, GAKUM AGAR QUICK RESPONSE TERKAIT HAL TERSEBUT

Pulang Pisau, bidik86.com

 

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) seharusnya banyak dirasakan manfa’atnya oleh masyarakat. Tak terkecuali di wilayah Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.

 

Leman, yang adalah Pj. Kepala Desa (Kades) Mintin, saat ditemui Pewarta bidik86.com dikediamannya mengatakan, bahwa Bumdes yang ada di wilayahnya, hanyalah tinggal nama. Bahkan kucuran dana Pemerintah melalui salah satu BRI Link, pun tidak jelas alokasinya.

 

“Pupuk yang diperuntukkan bagi masyarakat dengan menggunakan anggaran Bumdes tersebut, hanyalah isapan jempol belaka, karena jelas-jelas barangnya tidak ada” jelas Pj. Kades Mintin.

 

Menurut salah seorang sesepuh yang enggan disebutkan namanya, mengatakan jika dari Bumdes tersebut yang ada hanyalah sound system (salon, red).

 

“Terus, dana Bumdes senilai Rp183 juta sisanya kemana?” kata sesepuh dari Ds. Mintin tersebut, yang demi sebuah kebenaran dirinya siap memberikan kesaksian terkait Bumdes tersebut.

 

Di tempat terpisah, para warga masyarakat Ds. Mintin, bahkan beberapa diantaranya termasuk yang menggeluti Bumdes di Ds. Mintin tersebut mengatakan, jika anggaran dana Bumdes Ds. Mintin tidak dipegang oleh Bendahara, namun dipegang oleh Ketua Bumdes, Arbani Libo. 

“Anggaran dana Bumdes yang digunakan termasuk Sound system (salon, red) tersebut, diperkirakan berjumlah Rp52 juta, jika pun demikian sisanya kemana?” ujarnya.

 

Semua warga masyarakat Ds. Mintin berharap agar masalah ini bisa dipertanggungjawabkan oleh Ketua Bumdes. Adapun pihak Penegak Hukum (Gakum) agar segera menindaklanjuti (quick response) terkait dilema Bumdes tersebut. (KRS)

No Responses

Leave a Reply