KALI CILAMAYA HITAM DISERTAI BAU MENYENGAT, WARGA: LEBIH 15 TAHUN SEPERTI INI

Karawang, bidik86.com

 

Sunguh sangat memprihatinkan, aliran sungai kali Cilamaya yang berlokasi di Desa Barugbug dan Ds. Situdam, Kecamatan Jatisari, Kabupaten karawang.

 

Aliran sungai tersebut sudah beberapa tahun lamanya terkontaminasi limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), sangat jelas dari warna air yang hitam pekat disertai bau menyengat.

 

Hingga kini kondisi sungai kali Cilamaya belum juga ada perhatiaan dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) maupun Provinsi, untuk penanganan limbah tersebut. Menurut salah seorang warga Jatisari, Hendi Suhendi, yang acap kali melintasi kali tersebut mengatakan, jika sepengatahuannya sudah mencapai 15 tahun lamanya kali tersebut bercampur limbah.

 

25/06/2019

“Aliran sungai kali Cilamaya digenangi air berlimbah dengan bau menyengat kira-kira sudah 15 tahun lebih, benar-benar memprihatinkan,” katanya, kepada bidik86.com, Selasa (25/06/19).

 

Di tempat terpisah, seorang Aktivis dari Lembaga Komunikasi Pemuda Jatisari, H. Oo Nurohman, menyatakan jika aliran limbah tersebut datangnya dari wilayah Kab. Purwakarta dan Subang.

 

“Ada beberapa Perusahaan diduga membuang air limbah ke sungai kali Cilamaya. Baik Subang maupun Purwakarta, kami meminta kepada seluruh intansi terkait, baik dari tingkat Kabupaten maupun Provinsi, agar tegas demi menuntaskan permasalah limbah yang mengkontaminasi kali Cilamaya. Selain hitam dan bau menyengat, kami khawatir warga terdekat khususnya Barugbug dan Situdam, akan terkena dampaknya,” tegas H.Oo. (Red)

No Responses

Leave a Reply