PEMDES BARUGBUG BERHARAP PEMERINTAH SERIUS TANGANI LIMBAH BENDUNG BARUGBUG, KADES: JIKA SERIUS SEMUA CEPAT SELESAI

Karawang, bidik86.com

 

Bendung Barugbug yang berada di Desa Barugbug, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat (Jabar), kini sedang menjadi trending topic. Pasalnya, air yang biasanya terlihat bening kini terlihat hitam pekat disertai bau yang menyengat.

 

Beberapa waktu ke belakang, sempat terpublikasi melalui beberapa media maupun jejaring sosial media (sosmed) lainnya, aksi-aksi protes baik dari warga masyarakat Barugbug sendiri, maupun dari aktivis lingkungan hidup.

 

Awak media bidik86.com sengaja mendatangi Kepala Desa (Kades) Barugbug, Suhatip, guna mengkonfirmasi terkait wara-wiri dilema Bendung Barugbug yang sedang terjadi.

 

“Saya merasa prihatin terhadap warga Barugbug yang saat ini sedang mengalami masalah dengan air bersih. Bendung Barugbug merupakan akses utama untuk sarana pengairan sawah, bahkan warga yang terdekat dengan Bendungan yang biasa menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari, kini kesulitan dikarenakan airnya sudah terkontaminasi limbah,” terang Suhatip.

 

Disinggung tentang pro aktif Pemerintah terhadap dilema Bendung Barugbug tersebut, dengan murung Suhatip menarik nafas panjangnya seraya berkata.

 

“Entahlah, sudah belasan tahun masalah seperti ini terjadi, kami pernah melakukan aksi unjuk rasa, namun seolah-olah semuanya hanya lewat begitu saja. Entah Pemerintah yang sudah tidak perduli dengan masyarakatnya, atau memang kami ini sudah tidak dianggap layak mendapatkan yang seharusnya menjadi hak semua makhluk hidup,” ujarnya.

 

Suhatip berharap kali ini semua pihak bersatu, bahu-membahu berjuang agar pihak-pihak terkait betul-betul memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, agar masalah yang terjadi (limbah Bendung Barugbug, red) segera teratasi.

 

“Apalagi dengan adanya program Citarum Harum dari kepemimpinan Pak Gubernur Jabar, H. Ridwan Kamil, semua masalah limbah Bendung Barugbug yang belasan tahun tidak pernah selesai, kini dapat teratasi. Saya yakin, jika Pemerintah serius menangani hal ini, semuanya pasti cepat selesai,” pungkas Suhatip, penuh harap. (Red)

No Responses

Leave a Reply