PEMDES JATIBARU REALISASIKAN DD UTAMAKAN PADAT KARYA

Karawang, bidik86.COM

 

Padat Karya merupakan program Pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa, guna mengurangi kemiskinan dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfa’atan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, pengaturan Desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat Desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat Desa sebagai subyek pembangunan.

 

Dengan Dana Desa (DD) pembangunan Desa diharapkan lebih cepat, serta menyelesaikan persoalan-persoalan di Desa terutama yang terkait dengan kemiskinan, dan pengangguran. Untuk itu, pelaksanaan program Padat Karya di Desa diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, mengurangi angka kemiskinan, menggerakkan ekonomi Desa, serta mengembangkan kawasan pedesaan. Ada 2 (dua) hal yang menjadi sasaran program Padat Karya yaitu pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat. Pokok pelaksanaan program Padat Karya di Desa adalah penganggaran kegiatan-kegiatan yang bersifat Padat Karya yang didanai dengan DD dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

 

Seperti hal nya Kepala desa (Kades) Jatibaru, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa barat (Jabar), Afriansyah, kepada bidik86.com, Selasa (30/07/19).

 

“Saya sebagai Kades, selalu mengikuti aturan yang telah ditentukan oleh Pemerintah, terutama dalam merealisasikan DD, yaitu dengan cara Padat Karya, juga dalam pelaksanaannya saya juga dibantu oleh Perangkat Desa lainnya agar sesuai dengan harapan dan usulan masyarakat,” tuturnya.

 

Salah seorang warga masyarakat Jatibaru saat ditemui Pewarta bidik86.com di lokasi pekerjaan, namun enggan menyebutkan namanya mengatakan bahwa pengecoran jalan lingkungan (jaling) sekitar 237 m dan turap 230 m, serta ditambah lagi satu ruangan yaitu ruangan umum.

 

“Saya mewakili warga disini mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Desa Pemdes) Jatibaru yang memang selalu mendengarkan usulan dan harapan warganya, sehingga jalan setapak (japak) ini bisa di realisasikan untuk pengecorannya,” pungkasnya. (Red)

No Responses

Leave a Reply