POLRES KARAWANG AMANKAN RATUSAN R2 DARI SINDIKAT CURANMOR

Karawang, bidik86.com

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam hal ini Polisi Resor (Polres) Karawang, menghimbau kepada segenap warga khususnya masyarakat Kabupaten Karawang, untuk yang merasa kehilangan sepeda motor agar datang ke Markas Komando (Mako) Polres Karawang. Dikarenakan, sekitar 151 unit kendaraan roda 2 (R2) hasil kejahatan yang berhasil disita akan diberikan kepada masyarakat secara cuma-cuma.

“Untuk pengambilan R2 tersebut, syaratnya cukup mudah, tinggal menunjukkan surat-surat bukti kepemilikan sepeda motor, gratis tanpa biaya apapun,” kata Kapolres Karawang, AKBP. Slamet Waloya, saat jumpa Pers di Mapolres Karawang, Rabu (28/11/18).

Kepala Polisi Resor (Kapolres) Slamet menambahkan, ratusan motor tersebut merupakan hasil pengembangan kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) dan Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD) selama tiga bulan terakhir.

“Ini merupakan hasil pengungkapan kasus curanmor dalam tiga bulan terakhir. Ratusan motor ini kami sita dari sindikat curanmor dan sebagian dari KKYD,” imbuh Slamet.

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Slamet juga menuturkan, 151 kendaraan R2 hasil kejahatan itu, didapat dari sejumlah penadah barang curian di Karawang. Setelah mendapat barang curian dari sindikat motor, penadah memasarkan barang curian dengan harga murah, berkisar dari Rp1 juta hingga Rp2 juta.

“Para pelaku ini mengikuti jaman dalam modus penjualannya. Rata-rata penjualan dilakukan di media sosial,” paparnya.

Slamet mengklaim, pada tahun 2018, aksi curanmor di Karawang cenderung menurun dibanding tahun lalu. Akan tetapi, angka aksi curanmor masih relatif tinggi dengan rata-rata 20 kendaraan R2 hilang setiap bulannya.

“Menurun 30 persen setiap bulannya dibandingkan tahun lalu,” ungkap Slamet.

Saat ini, Polisi masih melakukan identifikasi rangka mesin kendaraan hasil curian tersebut.

“Untuk mencocokkan 151 unit kendaraan yang kita amankan. Tinggal dilihat, dikhawatirkam unit tersebut merupakan yang hilang dari warga,” Slamet.

Warga juga bisa menghubungi nomor kontak Kepala Satuan (Kasat) Tahanan dan Barang Bukti, Polres Karawang, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Asep Kosasih, di 081388686461, untuk memastikan jika kendaraanya adalah yang diamankan kepolisian.

Selain 151 kendaraan, Polres Karawang juga menangkap 6 pelaku curanmor dari tiga sindikat berbeda. Para pelaku memiliki ciri khas operasi kejahatan yang berbeda. Diantaranya, mereka yang beraksi di kampus, indekos, kawasan industri dan wilayah pesisir Pantai Utara (Pantura).

“Dari enam tersangka ini kita amankan 7 kendaraan bermotor,” Pungkasnya.

Para pelaku akan dijerat dengan Ketentuan Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 363, dengan ancaman kurungan penjara 7 tahun. (Hendi s)

No Responses

Leave a Reply