SATGAS PAMTAS YONIF PR 328/DGH AMANKAN RIBUAN KAYU ILEGAL

Keerom, bidik86.com

 

Satuan Petugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider (PR) 328/Dirgahayu (DGH), berhasil mengamankan 1028 (seribu dua puluh delapan) batang kayu ilegal jenis kayu besi, saat melaksanakan _sweeping_ di Jalan poros Kabupaten Keerom.

 

Hal ini disampaikan Komandan Satuan Petugas (Dansatgas) Pamtas Yonif PR 328/DGH, Mayor Infanteri (Inf), Erwin Iswari, S.Sos, M.Tr (Han), kepada Pewarta, Jum’at (28/06/19).

 

Diungkapkan Dansatgas, keberhasilan mengamankan ribuan batang kayu ilegal ini, bermula saat giat _sweeping_ di depan Pos yang dilakukan Personel Pos Komando Utama (Poskout), KM 31, dengan dipimpin oleh Letnan Dua (Letda) Inf, Eka Deny, menghentikan kendaraan truk yang dikendarai oleh Mahmudin (49), dan penumpang yang bernama Syarif (37).

 

”Kegiatan _sweeping_ Pos KM 31, berhasil mengamankan 1028 batang (18 kubik) kayu ilegal, dan ini merupakan kedua kalinya, Pos Km 31, mengamankan kayu ilegal setelah sebelumnya pada bulan Mei lalu mengamankan 50 batang kayu ilegal,” ungkap Erwin.

 

Saat diamankan dan dimintai keterangan, pengemudi dan penumpang tersebut tidak dapat menunjukkan dokumen resmi, dengan membawa ribuan batang kayu ilegal dari hasil hutan Kampung Pitewi, sehingga Personel Satgas, langsung berkoodinasi dengan Dinas Perhutani Kab. Keerom, untuk ditindaklanjuti.

 

“Jl. Poros Kab. Keerom, memang menjadi satu-satunya jalan lintas yang dapat dilalui. Oleh karena itu, saya selalu memerintahkan jajaran yang berada di Jl. Poros, untuk aktif melaksanakan sweeping mencegah peredaran kayu-kayu ilegal,” tegas Erwin.

 

Mengenai hal tersebut,  Dansatgas, yang akrab disapa Erwin ini, sangat menyayangkan adanya Oknum pelaku penebangan liar hutan di Papua, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem alam.

 

 “Satgas Yonif PR 328/DGH, akan terus berupaya untuk mencegah peredaran kayu-kayu ilegal di wilayah perbatasan,” pungkasnya. (Red)

No Responses

Leave a Reply