TNI-POLRI BUBARKAN UNRAS SERTA AMANKAN PROVOKATOR

Bandung, bidik86.com

 

Tentara Nasional Indonesia-Kepolisian  Republik Indonesia (TNI-Polri) amankan provokator dan bubarkan ratusan orang pengunjuk rasa (unras) yang dilakukan masyarakat dengan mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan melakukan penjarahan ke toko juga rumah masyarakat.

 

Meskipun dikawal Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta dilakukan negosiasi oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) juga Kepala Polisi Sektor (Kapolsek), namun upaya tersebut diabaikan oleh aksi unras dan masa terus bertambah serta semakin anarkis.

Dengan adanya kejadian tersebut, Kepala Polisi Daerah Jawa Barat (Kapolda Jabar), Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Agung Budi Maryoto, M.SI, meminta bantuan kepada Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) lll/Siliwangi, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Tri Soewandono, selang waktu yang tidak lama bantuan kekuatan dari TNI, juga dari Pemerintahan Daerah (Pemda) pun datang, sehingga situasi dapat diatasi dan pengunjuk rasa dapat dibubarkan.

Sementara, Provokator aksi unras berhasil diamankan.

Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam), Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs. Unggung Cahyono, menyampaikan terima kasihnya kepada TNI, khususnya bagi seluruh Prajurit jajaran Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar serta Pejabat teras Kodam III/Siliwangi juga Pejabat Utama (PJU) dari Polda Jabar, yang terlibat dalam menyelesaikan dan bisa membubarkan serta menangkap yang diduga sebagai provokator, dengan mengedepankan Hak Azasi Manusia (HAM).

Dengan mengedepankan HAM, dapat membubarkan masa dan bisa menangkap provakator, suasana jadi aman serta nyaman sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama.

“Perlu diketahui, bahwa kegiatan ini merupakan gambaran senergitas TNI-Polri dalam pengamanan pada pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019,” ujarnya, saat memberikan sambutan di lapangan Manunggal Brigif 15/Kujang ll, Jl. Kebon Rumput, Kota Cimahi, Jabar, Jum’at (08/03/19).

Ditempat yang sama, Panglima Daerah Militer (Pangdam) lll/Siliwangi, Mayjen TNI, Tri Soewandono, juga ucapkan, ”Terima kasih kepada seluruh Anggota dan tamu undangan yang telah mengikuti kegiatan ini yang bersifat latihan yang disimulasikan. Perlu diketahui, bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk dari bagian kekuatan TNI dan Polri yang telah disiap siagakan disetiap daerah termasuk di wilayah Jabar dan Banten serta diseluruh wilayah di Indonesia”.

Pangdampun berharap, agar seluruh warga masyarakat tidak takut dan tidak percaya dengan Hoax, sehingga pesta Demokrasi dapat berjalan lancar dan aman.

Begitu juga Kapolda Jabar, Irjen Pol, Drs. Agung Budi Maryoto, M.SI, mengatakan, kegiatan ini hanya bersifat latihan gabungan di Polda Jabar dalam rangka menghadapi Pilpres dan Pileg 2019, yang di pusatkan di Markas Komando (Mako) Brigif 15/Kujang II.

“Apa yang telah disampaikan Kabaintelkam dan Pangdam lll/Siliwangi, ini merupakan spirit bagi kita melaksanakan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 dan terima kasih kepada Komandan Brigif (Danbrig) 15/Kujang II, yang telah memberikan sarana dan prasarana guna keberhasilan kegiatan (giat) latihan ini,” tegas Kapolda Jabar. (Red)

No Responses

Leave a Reply