AKIBAT ERUPSI, WARGA KEPULAUAN SITARO DI EVAKUASI

Kepulauan Sitaro, bidik86.com

 

Puluhan warga diungsikan akibat meletusnya Gunung Api Karangetan, di Kampung Batubulan, Kecamatan Siau Barat Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), yang terjadi pada Sabtu, (02/02/19) sekira Pukul 11.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

 

Warga diungsikan akibat gugurnya batu dan lava panas dari Gunung tersebut yang kini melewati jalur Kali Marebuhe dan Kali Batuare, Kampung Batubulan.

 

Sumber menyebutkan, guguran lava panas dengan pemukiman warga berjarak sekitar 300 Meter dan jarak guguran lava panas dengan ruas jalan antara Lind I (satu) dan Lind II (satu), Kampung Batubulan, sekitar 200 Meter.

 

“Perkembangan situasi guguran batu lava panas dari Gunung Api Karangetan, sampai dengan saat ini, kurang lebih 150 meter dari jalan raya. Pengungsi kini bertambah menjadi 108 (seratus delapan) orang,” kata Kasipensat Pendam XIII/Merdeka, Mayor Suwarno, melalui keterangan Persnya.

 

Akibat dari erupsi Gunung tersebut, beberapa imbauan disampaikan Pemerintah kepada masyarakat. Adapun himbauan tersebut antara lain, warga dilarang beraktivitas dekat Kali Marebuhe dan Kali Batuare. Warga yang bermukim disekitar Kali Marebuhe dan Kali Batuare, dievakuasi dan pindah ke tempat yang lebih aman. Akses jalan antara Lindongan 1 dan Lindongan II, Kampung Batubulan, kecamatan Siau Barat Utara, ditutup karena dilewati batu lava panas.

 

Sebelumnya, masyarakat yang mengungsi berjumlah 22 (dua puluh dua) orang terdiri dari, Perempuan sebanyak 11 (sebelas) orang, 10 (sepuluh) orang laki-laki dan seorang Bayi Lima Tahun (Balita). Sementara keluarga yang dievakuasi :

– Kel. Katilahe – Kalensang

– Kel. Mudami – Gansa

– Kel. Kalensang – manutur

– Kel. Pangase – Kalensang

– Kel. Haryono- Kalensang

– Kel. Makapuas- Katilahe

 

Seperti diberitakan, hingga kini guguran batu lava panas dari Gunung Api Karangetang, yang melewati Kali Marebuhe dan Kali Batuare sementara berlangsung. (Red)

No Responses

Leave a Reply