BAZNAS SUBANG TETAPKAN BESARAN ZAKAT FITRAH 2019 SEBESAR RP27.500-,

Subang, bidik86.com

 

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kab. Subang, Jawa Barat (Jabar), tetapkan nilai zakat fitrah yang harus dikeluarkan oleh masyarakat sebesar 2,5 kg/3,5 liter atau senilai Rp27500-, (dua puluh tujuh ribu lima ratus rupiah) per orang.

 

“Penetapan besaran zakat fitrah ini ditentukan atas dasar hasil rapat bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang, Kementerian Agama (Kemenag) Subang, Badan Urusan Logistik (Bulog) Subang, Dinas Perdagangan Subang, serta organisasi keagamaan,” jelas Ketua Baznas Subang, DRS. H. Anang Jauharudin, dalam acara sosialisasi zakat fitrah di Gedung Baznas Subang, Jl. Arif Rahman Hakim.

 

Anang menambahkan, jika nilai zakat fitrah tersebut ditetapkan berdasarkan harga beras dengan kualitas terbaik, yaitu Rp11000-, (sebelas ribu rupiah), maka jika di rupiahkan adalah sebesar Rp27500-,.

 

Menurut Anang, idealnya mengeluarkan zakat fitrah adalah dengan beras, karena sesungguhnya zakat fitrah itu makanan pokok sehari-hari, namun terkadang umat memilih menggunakan uang.

 

Dengan telah ditetapkannya besaran zakat fitrah ini, Anang menghimbau agar masyarakat segera membayarkan zakat fitrah, karena salah satu tujuan zakat fitrah adalah untuk mengurangi angka masyarakat prasejahtera. Paling lambat H-3, agar bisa segera di bagikan oleh para Amil.

 

“Hasil zakat fitrah tahun 2018 lalu sebesar Rp35.105.459.610-, (tiga puluh lima miliar seratus lima juta empat ratus lima puluh sembilan ribu enam ratus sepuluh rupiah), untuk tahun ini diharapkan mengalami peningkatan sebesar 5% dari penghasilan zakat fitrah tahun 2018 lalu,” pungkasnya. (Aris. B)

No Responses

Leave a Reply