GEMPA BUMI TEKTONIK GUNCANG SUMENEP, WARGA DIHIMBAU TETAP TENANG

Sumenep, bidik86.com

 

Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), kembali di guncang Gempa Bumi Tektonik berkekuatan 4.5 Skala Richter (SR), Rabu (03/04/19) sekira pukul 15.32 Waktu Indonesia Barat (WIB).

 

“Hari ini pukul 15:32:33 WIB, wilayah Raas, kembali diguncang Gempa Bumi Tektonik,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Sumenep, Usman Kholid.

 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa Gempa Bumi ini berkekuatan 4,5 SR, Episenter terletak pada koordinat 7,17 Lintang Selatan (LS) dan 114,60 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 81 Kilometer (Km) Tenggara Sumenep, Jatim, pada kedalaman 10 Km.

 

“Dengan memperhatikan lokasi Episenter dan kedalaman Hiposenter, Gempa Bumi yang terjadi merupakan jenis Gempa Bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif,” imbuhnya.

 

Dampak Gempa Bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Raas, II Modified Mercalli Intensity (MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa Gempa Bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

 

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegasnya. (Red)

No Responses

Leave a Reply