KODIM 0709 KEBUMEN BUKA TMMD TAHAP II TAHUN 2019

Kebumen, bidik86.com

 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II tahun 2019 Kodim 0709 Kebumen, dengan tema “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” dibuka di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, pada Kamis, (11/07/19).

 

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0709 Kebumen, Letnan Kolonel (Letkol) Inf. Zamril Philiang menjelaskan, bahwa sasaran fisik utama TMMD kali ini yaitu pembangunan rabat beton sepanjang 555 meter yang menghubungkan Desa Sawangan dan Telogowulung.

 

“Sasaran fisik utama TMMD kali ini yaitu pembangunan rabat beton sepanjang 555 m yang menghubungkan Ds. Sawangan dan Telogowulung, sedangkan sasaran tambahannya rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebanyak 5 (lima) unit. Kegiatan non fisik meliputi penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Kesehatan, Kadarkum, Narkoba dan program lain,” katanya.

 

“Adapun sumber dana dari TMMD Sengkuyung ini menggunakan APBD Provinsi Jateng, APBD Kab. Kebumen dan APB Desa.  Adapun pelaksana dari program TMMD ini adalah TNI sebagai bukti nyata sumbangsih TNI untuk masyarakat. Dengan adanya TMMD ini diharapkan bisa meningkatkan produktifitas  pertanian, perekonomian semakin berkembang serta meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat dan sinergitas TNI dengan instansi terkait,” jelasnya.

 

Dandim 0709 Kebumen, juga menerangkan bahwa prioritas dari pelaksanaan program TMMD kali ini yaitu pengerjaan jalan penghubung antar Desa, karena akses untuk menuju Desa tersebut masih susah dan ekstrim.

 

“Adapun pelaksana pekerjaan tersebut melibatkan Anggota Kodim Kebumen, 40 Personil setiap hari dengan dibantu kurang lebih 80 warga setempat.  Warga juga sangat antusias untuk bergotong-royong dan berharap dengan adanya akses jalan ini yang merupakan akses terdekat Ds. Telogowulung untuk menuju ke Kantor Kec. Alian,” lanjutnya.

 

Dandim 0709 Kebumen, Letkol Inf. Zamril Philiang juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Provinsi (Pemprov), Pemerintahan Kabupaten (Pemkab), Camat Alian serta Kepala Desa (Kades) Sawangan dan berharap untuk bisa bersama-sama mengawasi, merawat dan menjaga semua program TMMD agar berjalan sesuai harapan.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mengatakan, program TMMD akan dapat terlaksana dengan baik apabila adanya gotong-royong dan kerja sama, serta saling mendukung dari semua unsur yang terlibat baik dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat.

 

“Selain sasaran pokok TMMD yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI-rakyat.  Titik berat program TMMD adalah Desa miskin, terisolir dan terpencil serta daerah kumuh perkotaan,” katanya.

 

Ganjar juga berharap seluruh Desa di Jateng semakin maju dan mandiri, kehidupan masyarakatnya akan semakin sejahtera, jalan dan jembatan semakin memadai.

 

“Kita berharap seluruh Desa di Jateng semakin maju dan mandiri, kehidupan masyarakatnya akan semakin sejahtera, jalan dan jembatan semakin memadai, sehingga aksibilitas dan mobilitas orang dan barang dari dan ke Desa semakin lancar. Dimana masyarakat Desa Jateng akan semakin  cerdas, trampil, kreatif dan inovatif, serta betul-betul dapat hidup secara baik, sehat dan sejahtera,” harapnya. (Red)

No Responses

Leave a Reply