SATGAS YONIF PR 328/DGH AJAK WARGA BERSIHKAN LINGKUNGAN, ANTISIPASI BANJIR

Papua, bidik86.com

 

Untuk mengantisipasi dampak banjir akibat tingginya intensitas curah hujan di beberapa wilayah perbatasan, Satgas Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider (PR) 328/DGH (Dirgahayu) bersama warga melakukan kegiatan Karya Bakti di Kampung Yetti.

 

Hal tersebut disampaikan Komandan Satuan Petugas (Dansatgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf, Erwin Iswari, S.Sos, M. Tr (Han), kepada Pekerja Media, Minggu (30/06/19).

 

Diterangkan Erwin, kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi dengan tingginya intensitas hujan, membuat rerumputan dan ilalang tumbuh subur menutupi jalan,  merambat kabel listrik serta menyumbat saluran air.

 

‘’Melihat kondisi tersebut, timbul inisiatif kita untuk melakukan kerja bakti bersama membersihkan sektor umum, pembersihan ilalang dan beberapa tanaman liar yang merembet ke kabel listrik milik PLN,’’ ujarnya.

 

‘’Ini kita lakukan dalam upaya mencegah terjadi konslet dan arus pendek, yang sangat berbahaya bagi aliran listrik yang terpasang ke rumah-rumah,” lanjutnya.

 

Ditambahkan oleh Dansatgas, bahwa kondisi rerumputan yang tumbuh subur dapat menyumbat aliran air yang membawa ranting-ranting dan lumpur sehingga dapat menyebabkan terjadinya bahaya banjir.

 

‘’Walaupun dengan kondisi peralatan seadanya, tidak menyurutkan semangat Anggota dengan warga untuk melakukan kegiatan Karya Bakti bersama,” terangnya.

 

“Kita maksimalkan dengan alat seadanya, meski mesin pemotong rumput ada yang rusak, kita gunakan parang milik pribadi untuk memotong rumput-rumput,” tambahnya.

 

Kegiatan ini pun disambut baik oleh tokoh masyarakat Kampung Yetti yang juga ikut bekerja bersama dengan Personel Satgas.

 

“Cuaca sekarang tidak menentu, kadang hujan deras dan berangin, kadang panas, tapi kalau hujan turun berhari-hari, menyebabkan aliran tersumbat,” paparnya.

 

“Kami ucapkan terima kasih kepada Anggota Pos Yetti, yang telah bersama warga melakukan kerja bakti ini, sehingga warga tidak perlu khawatir jika hujan datang,” pungkasnya. (Red)

No Responses

Leave a Reply