DESA PACING, JATISARI, KARAWANG, GELAR HELARAN HAJAT BUMI

Karawang, bidik86.com

“NYUKCRUK GALUR NU KAPUNGKUR, MAPAY LARATAN NU BAHEULA, SANAJAN URANG BEDA TAPI SARUA, SANAJAN HENTEU NGAHIJI TAPI SAATI, MILARI RIDLO GUSTI ANU SAJATI”

Hajat bumi di Desa pacing, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, yang digelar (01/12/18) di halaman kantor Desa, terkesan sakral. Acara yang dimulai dari pukul 09.00 WIB tersebut akan digelar sampai dengan malam nanti.
Wawan Zaelani, sebagai Kepala Desa (Kades) Pacing, kepada bidik86.com mengatakan jika kegiatan ini digelar sebagai acara tahunan di Desanya.

“Merupakan bentuk syukuran kepada yang Maha Kuasa, Allah SWT. Hajat bumi merupakan acara budaya, adalah bentuk pengakuan jati diri masyarakat yang lahir dari histori panjang para pendahulunya, hajat bumi sebagai evaluasi bagi kita sebagai masyarakat yang lahir, tumbuh dan berkembang melalui proses yang panjang hingga melahirkan peradaban yang begitu mengesankan hingga hari ini. Maka selayaknyalah kita panjatkan syukur ke pada-Nya yang Maha Kuasa, Allah SWT,” sambut Wawan.

Dikatakan bahwa betapa besar dan tak terhitung nikmat yang diberikannya kepada kita sebagai umat, Alhamdulillah, imbuhnya, berbagai hal di Desanya dari mulai pembangunan infrastruktur kini mulai dapat dinikmati, hingga sarana prasarana pendukung pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) kini berkembang cukup memuaskan di Desanya, baik itu Pondok Pesantren (Ponpes) ataupun Sekolah dan hal ini tentu saja lahir dari seluruh kerja keras masyarakatnya yang luar biasa.

Acara Hajat Bumi diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan dan kegiatan budaya masyarakat, hingga malam nanti yang akan di isi dengan acara ceramah kegamaan.

“Mudahan-mudahan acara ini juga bisa menambah rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang berdaulat di tengah isu konflik dikotomi yang kini marak di tengah-tengah masyarakat umum”, timpal Wawan.

“Mudah-mudahan acara ini tetap akan selalu digelar di tiap tahunnya dan menjadi agenda budaya, khusunya di Desa kami,” pungkasnya. (Hendi/ncek)

No Responses

Leave a Reply