H. ALBINER SITOMPUL BERSAMA SUKU ANAK DALAM SAAT LAKSANAKAN ADAT MELANGUN

Sarolangun, bidik86.com

 

Melangun adalah tradisi berpindah-pindah tempat atau pergi jauh bagi masyarakat Suku Anak Dalam/Orang Rimba/Suku Kubu (Jambi dan Riau) Indonesia.

 

Jika anggota keluarga Suku Anak Dalam meninggal dunia, maka pihak keluarga dan kerabat terdekat akan pergi meninggalkan tempat tinggal mereka. Selain keluarga dan kerabat, tetangga yang rumahnya dekat dengan orang meninggal juga meninggalkan rumah dan tempat mereka, karena mereka percaya tempat tersebut dapat menimbulkan kesialan.

 

Seperti hal nya yang terjadi hari ini, Minggu (07/07/19) di Sungai Traf, Dusun Baru, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, sedang mekaksanakan adat Melangun tersebut.

 

Brigadir Jenderal Tentara Nasional Indonesia (Brigjen TNI) Purnawirawan (Purn) H. Albiner Sitompul, SIP, MIP, yang terkenal sangat dekat dengan Suku Anak Dalam ikut perduli dengan adanya hal tersebut.

 

Salah seorang gadis kecil Suku Anak Dalam yang menurut H. Albiner merupakan ‘sentuhan kasih’, sempat diberi permen pada saat rombongannya dengan Suku Anak Dalam lainnya sama-sama sedang melakunan kegiatan budaya Melangun.

“Kami menyebutnya dengan istilah ‘sentuhan kasih’ yang dititipkan Allah SWT pada kami,” kata Brigjen (Purn) H. Albiner.

 

“Semoga kesedihan yang mereka rasakan atas meninggalnya saudara mereka dihadapi dengan sabar dan ¬†cepat kembali normal agar bisa menjalani kehidupan normal kembali, Aamiin,” harapnya. (Red)

No Responses

Leave a Reply