ROKET VEGA AKAN MEMBAWA SATELIT OBSERVASI BUMI MILIK KERAJAAN MAROKO

Rabat, bidik86.com

Untuk peluncuran ke-9 (sembilan) tahun ini dan misi Vega ke-13 (tiga belas) sejak peluncur ini memulai kiprahnya di Pusat Ruang Angkasa Guiana pada 2012, Arianespace akan mengorbitkan satelit MOHAMMED VI-B. Satelit observasi bumi untuk Kerajaan Maroko ini dikembangkan oleh Konsorsium yang terdiri dari Thales Alenia Space sebagai sistem kontraktor utama dan Airbus sebagai pendamping pelaksana pekerjaan.

Peluncuran VV13 menandai misi observasi Bumi ke-9 untuk Vega, sebuah peluncur bertenaga Surya serbaguna. Peluncuran VV13 ini akan dilakukan dari Vega Launch Complex (SLV) di Kourou, Guyana, Prancis (wilayah Amerika Selatan). Proses peluncuran satelit MOHAMMED VI-B dimaksud akan dimulai pada pukul 01.42.32 UTC atau tepat pukul 07.42.32 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Evaluasi rencana persiapan peluncuran terakhir akan berlangsung pada Senin, (19/11/2018) di Kourou dalam rangka menilai persiapan awal operasi untuk penghitungan terakhir.

Ini akan menjadi satelit ke-2 (dua) dari program MOHAMMED VI-A & B, dengan satelit MOHAMMED VI-A yang diluncurkan oleh Arianespace pada 7/11/2017, yang juga menggunakan peluncur Roket Vega.

Satelit MOHAMMED VI-B sebagian besar akan digunakan untuk kegiatan pemetaan dan survei tanah, pengembangan wilayah, pemantauan pertanian, pencegahan dan pengelolaan bencana alam, pemantauan perubahan lingkungan dan penggurunan, serta pengawasan perbatasan dan pesisir. Sebagai pelengkap, kedua satelit MOHAMMED VI-A & B, secara bersama-sama akan memungkinkan cakupan zona dan kebutuhan yang lebih cepat dan tepat.

Thales Alenia Space, sebagai kontraktor utama sistem, memasok muatan, termasuk instrumen optik, subsistem transmisi gambar dan segmen tanah untuk pemrosesan gambar dan produksi. Airbus, sebagai kontraktor utama satelit, bertanggung jawab atas integrasi, serta penyediaan platform dan segmen tanah untuk perencanaan misi dan kontrol satelit. (Red)

No Responses

Leave a Reply