SATGAS YONIF 408/SBH BERSAMA WARGA GELAR KARYA BAKTI DI TMP SEROJA

Belu, bidik86.com

 

Sebagai wujud penghargaan dan  penghormatan atas jasa para pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raga dalam merebut kemerdekaan, Satgas Pamtas Yonif 408/SBH dan warga menggelar karya bakti, membersihkan Taman Makan Pahlawan (TMP) Seroja.

 

Hal tersebut disampaikan Komandan Satuan Petugas (Dansatgas) Batalyon Infanteri (Yonif) 408/SBH (Suhbrastha), Mayor Inf, Joni Eko Prasetyo, SIP, kepada awak media di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (01/07/19).

 

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan karya bakti pada Minggu (30/06/19) ini, selain diikuti Personil Satgas 408, juga diikuti oleh Anggota Komando Distrik Militer (Kodim) Belu, Personel Brigade Mobil (Brimob), Yonif Raider Khusus 744/Samodok, dan  komponen masyarakat.

 

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, serta wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam membela tanah air,” ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga dan melestarikan tempat-tempat sejarah yang ada di Kab. Belu.

 

“Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan komunikasi sosial dengan masyarakat, guna mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai upaya membangun Pertahanan Negara yang kuat,” ucapnya.

 

Kegiatan ini tambah Joni, juga merupakan pembinaan teritorial sebagaimana yang tercantum di dalam tugas pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI), untuk mewujudkan jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, dan Tentara Nasional.

 

“Pembersihan ini menunjukkan terjalinnya kekompakkan, antara Anggota TNI, Polri, dan masyarakat, sehingga dapat menunjang pembangunan daerah,” jelasnya.

 

Sementara itu Komandan Kompi Tempur (Dankipur) 1, Letnan Satu (Lettu) Inf, Ari Cahyo, yang memimpin kegiatan mengatakan, selain melaksanakan tugas pengamanan perbatasan, Satgas juga melaksanakan karya bakti membersihkan TMP Seroja.

 

“Dimanapun berada dan bertugas, Satgas akan selalu berperan aktif dalam kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat, seperti pembersihan ini sebagai wujud penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah gugur membela dan mempertahankan NKRI, “pungkasnya.

 

Di TMP ini ada ratusan makam para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang. Bahkan diantara pemakaman ini, ada puluhan makam tak dikenal alias tanpa identitas. (Red)

No Responses

Leave a Reply