SATGAS YONIF 725/WRG BANGUN JAMBAN DAN SUMUR UMUM BUDAYAKAN HIDUP SEHAT

Keerom, bidik86.com

 

Untuk membudayakan warga agar hidup sehat, Satgas Batalyon Infanteri (Yonif) 725/WRG (Woroagi) membangun jamban dan sumur umum yang layak bagi masyarakat di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

 

Hal tersebut disampaikan Komandan Satuan Petugas (Dansatgas) Yonif 725/WRG, Letnan Kolonel (Letkol) Inf, Hendry Ginting S, SIP, kepada sejumlah media, Senin (01/07/19).

 

Hendry mengungkapkan, bahwa pembangunan jamban dan sumur yang dibuat oleh Personil Pos Bompay itu, bertujuan untuk membantu dan mengatasi kesulitan warga, khususnya yang belum memiliki jamban disekitar tempat tinggalnya.

 

“Pembuatan jamban umum ini untuk bantu warga. Karena warga yang tidak memiliki jamban di rumahnya, memilih buang hajat ke sungai atau di sembarang tempat,” katanya.

 

Selanjutnya Hendry mengatakan, fasilitas Mandi dan Cuci (MC) umum yang dibangun Komandan Pos (Danpos) Bompay, Letnan Dua (Letda) Inf, Rusdi, bersama Anggotanya tersebut, sebagai langkah awal Satgas untuk mengajak warga, guna menciptakan situasi dan kondisi (sikon) tempat tinggal menjadi lebih sehat dan nyaman.

 

“Kita ingin ciptakan lingkungan yang sehat dan bersih bagi warga,” terang Hendry.

 

“Walaupun jamban ini sederhana, namun bisa mendukung dalam menjaga kebersihan lingkungan, sekaligus kesehatan warga,” tambahnya.

 

Hendry pun berpesan, agar jamban ini dapat dimanfa’atkan dan dijaga dengan baik oleh warga. Karena kalau lingkungan bersih, tentunya masyarakat juga akan sehat.

 

“Mulai sekarang biasakan hidup sehat. Jangan ada lagi yang membuang hajat di sungai maupun di tempat lainnya, karena akan menyebabkan timbulnya penyakit diare dan sebagainya,” pesannya.

 

Upaya yang dilakukan Satgas ini pun, menuai pujian dan apresiasi warga setempat. Yulianus Mende, salah seorang warga yang lama tinggal di Kp. Bompay, mengungkapkan rasa senang dan takjubnya kepada Satgas yang telah membangun fasilitas kesehatan (jamban,red) di Kampungnya.

 

“Saya sangat salut dan bangga kepada bapak TNI yang ada di Pos. Karena sekarang kami sudah memiliki jamban yang selama ini kami dambakan”, ungkapnya. (Red)

No Responses

Leave a Reply