SATGAS YONIF 734/SNS GELAR BAKSOS SERENTAK DI AMBON JAGA SILATURAHMI DENGAN WARGA

Ambon, bidik86.com

 

Sebagai wujud menjaga silaturahmi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan masyarakat Kota Ambon, Satgas Yonif 734/SNS menggelar kegiatan teritorial berupa Bakti Sosial (Baksos).

 

Demikian disampaikan Komandan Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Dansatgas Yonif) 734/SNS (Satria Nusa Samudra), Letnan Kolonel (Letkol) Inf. Edwin Charles, dalam rilis tertulisnya di Maluku, Senin (29/07/19).

 

Dansatgas menjelaskan, aksi sosial yang dilakukan Satgas Satuan Setingkat Kompi (SSK) IV pada Sabtu (27/07/19) di wilayah Ambon dan sekitarnya, dilakukan seluruh Pos secara serentak. Adapun kegiatannya berupa melaksanakan kegiatan pembinaan Praja Muda Karana (Pramuka) kepada Siswa ke Sekolah, kerja bakti membersihkan jalan lingkungan (jaling), dan menggelar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) keliling.

 

“Kegiatan teritorial ini dalam rangka penggalangan dan  pembinaan para Siswa, ada beberapa materi yang dilatih kepada para Siswa antara lain Pengetahuan Baris Berbaris (PBB), teori kepramukaan, pengetahuan penggunaan tali temali serta teknik dasar membuat simpul tali,” jelas Edwin.

 

Beberapa Sekolah yang didatangi, sambung Edwin, diantaranya Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Ambon, SMP Sanawiyah, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 SPG Ambon oleh Pos Waringin dan Pos Amaci. Dimana masing-masing terdapat empat Personil yang mengajarkan pelaksanaan PBB, agar Siswa memahami tentang bagaimana cara baris berbaris yang baik dan benar.

 

“Sedangkan di SD Yayasan Mawaddah Wa Rahmah, sebanyak 40 (empat puluh) Siswa dilatih 3 (tiga) Personil Pos Ahuru Atas yang mengajarkan pengetahuan dasar penggunaan tali temali serta dasar-dasar membuat simpul tali,” tambah Edwin.

 

“Sementara di SD Katolik Santo Yakobus Ahuru, 2 (dua) Personil Pos Ahuru Bawah melatih para Siswa tata cara pengibaran bendera merah putih yang baik dan benar,” imbuhnya.

 

Selain melatih Siswa di Sekolah, aksi sosial lain yang dilakukan yaitu pembersihan jalan lingkungan yang dilakukan empat Personil Pos Ahuru Bawah. Bersama dengan 6 (enam) warga masyarakat, mereka bahu membahu membersihkan pinggir jalan di kawasan RT. 3/16, Dusun Ahuru, Desa Baru Merah.

 

“Untuk karya bakti pembersihan lingkungan, Anggota kita bersama warga membersihkan pinggiran jalan raya dari rerumputan yang mulai tinggi. Tujuannya agar badan jalan tidak tertutup rumput yang dapat mengganggu pengguna jalan,” tandas Edwin.

 

Kegiatan lain yang dilakukan adalah pelayanan kesehatan keliling oleh 2 (dua) Personil Pos Amaci. Mereka memeriksa kesehatan Ibu Nur Aisyah, salah satu ibu rumah tangga yang mempunyai keluhan sakit di bagian pinggang.

 

“Kegiatan ini dilakukan demi membantu masyarakat dalam bidang kesehatan dan silaturahmi kepada masyarakat tetap terjaga,” pungkasnya. (Red)

No Responses

Leave a Reply